Selasa, 23 September 2008

About E-Commerce


Bisnis e-commerce merupakan salah satu bisnis yang sedang naik daun. Selain karena gaya hidup masyarakat yang serba cepat dan instan, e- commerce juga menawarkan kemudahan dalam membeli suatu produk yang kemungkinan langka di pasaran. Wajar bila sekarang masyarakat mulai melirik pasar maya. Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik pengertian bahwa e-commerce adalah perdagangan barang dan jasa melalui internet, khususnya World Wide Web (www).

Salah satu pengaplikasian E-Commerce terjadi pada research tool Magic Quadrant. Magic Quadrant ini merupakan suatu representasi dari pasar (marketplace) online. di dalam Magic Quandrant yang dibentuk oleh Garnet, Inc ini terdapat Leader Quadrant. Leader Quadrant adalah suatu tingkat yang diduduki oleh perusahaan yang terbilang profesional dalam melakukan bisnis E-Commerce pada Megic Quadrant. Untuk dapat masuk ke Leader Quadrant, sebuah perusahaan harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:
1. Menunjukkan derajat yang paling tinggi dalam mendukung penjualan di internet.
2. Memimpin pasar secara konsisten dengan memperhatikan kepuasan pelanggan dan pelayanan yang profesional
3. Keprofesionalan dan kedewasaan perusahaan dalam memenuhi permintaan pasar.

Perusahaan yang berhasil masuk ke posisi ini adalah ATG (Art Technology Group, Inc., NASDAQ: ARTG). ATG adalah spesialis pada bisnis E-commerce yang membantu merek-merek Premier dunia untuk memaksimalisasi kesuksesan merek tersebut dalam bisnis online mereka. Yang menyebabkan peningkatan posisi ATG ke taraf Leader Quadrant adalah menunjukkan keeksistensian pada pasar e-commerce, komitmen terhadap inovasi-inovasi pada produk baru untuk penjualan di Internet, dan provider teknologi dengan kemampuan yang kuat dalam pemenuhan syarat penjualan di internet. Keunntungan yang diraih perusahaan yang menempati Leader Quadrant adalah kebangaan bagi perusahaan, pembuktian keeksitensian perusahaan pada industri e-commerce, dan permintaan untuk pemberian solusi dalam bisnis e-commerce meningkat.

Tidak ada komentar: